Pages

Rabu, 19 Agustus 2020

Membuat Akun Edmodo

Bagi yang belum pernah menggunakannya, perlu saya jelaskan sedikit tentang Edmodo. 

Edmodo merupakan onLine LMS (learning management system) yang fungsi utamanya adalah untuk menjembatani komunikasi antara guru dan murid. Berbeda dengan sistem pembelajaran konvensional, dengan Edmodo, guru dan murid-murid tak harus lagi berada dalam satu ruangan untuk dapat saling berkomunikasi. Bahkan orang tua murid pun dapat berperan lebih aktif dalam menunjang keberhasilan belajar setiap murid. 

Dengan memiliki satu akun Edmodo, setiap orang tua dapat memonitor dan memantau perkembangan belajar anaknya masing-masing, sekeligus dapat berkomunikasi dengan guru untuk membicarakan permasalahan yang dihadapi siswa/i dan membantu mencarikan solusinya yang terbaik.

Bagaimanakah cara kerjanya? Sangat sederhana. Anda cukup punya satu akun Edmodo masing-masing untuk siswa dan orang tua, join (bergabung) dengan virtual class (kelas online edmodo) dengan menggunakan class code (kode kelas) yang diberikan guru. Selanjutnya anda tinggal mengikuti kegiatan belajar yang dikelola oleh guru bersangkutan melalui virtual class tersebut. Mudah bukan?

Sebelum bergabung anda harus membuat akun terlebih dahulu. Anda dapat membuatnya menggukan gadget (tab atau HP) atau menggu PC/Laptop. Jika menggunakan HP, anda dapat mengikuti tutorial pada link: 

Tutorial ini mengajarkan membuat akun Edmodo menggunakan PC/LapTop. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Pastikan anda sudah punya akun email dan dapat mengaksesnya
  2. Pastikan anda sudah punya class code (kode kelas) dari gutu, yang akan dijoin pada pembuatan akun nantinya
  3. Pastikan laptop anda sudah terhubung ke internet
  4. Buka internet browser anda (chrome, firefox, safary, dll)
  5. Pada addres bar browser anda, ketikkan alamat www.edmodo.com kemudian tekan enter. Anda akan mendapatkan layar berikut;



  6. Klik Sign Up



  7. Klik Student Account



  8. Ketikkan semua isian yang diperlukan seperti layar berikut



  9. Jika button Create your account sudah berwarna biru berarti isian anda sudah lengkat dan diterima. Jika belum, periksa kembali, lengkapi yang kurang, dan perbaiki yang masih salah.
  10. Sekarang klik Create your account, dan akun Edmodo anda akan segera dibuat.
Jika pembuatan akun berhasil anda akan lansung bergabung dengan class sesuai dengan class code yang dimasukkan diatas. Akan tetapi jika class codenya sedang dilock (dikunci), maka anda harus menunggu sampai diapprove secara manual oleh guru yang bersangkutan.

Untuk pembuatan akun teacher (guru)  dan akun parent (orang tua) cara pembuatannya sama. Hanya saja pada langkah ke-7 pilihannya berbeda. Dan khusus untuk akun teacher, tidak perlum memasukkan class code.

Demikianlah tutorial singkat ini, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar